Melukis Cahaya Dengan Kamera Dalam Mode Bulb

Salah satu foto yang cukup familier di mata Anda adalah lukisan cahaya. Disini Anda seakan melihat sebuah bentuk gambar yang berasal dari guratan cahaya. Bagaimana caranya melukis cahaya dengan kamera? Saya disini akan mencoba menguraikannya.

melukis cahaya dengan kamera  dalam mode bulb

Sebelum saya memulai memberi Anda bocoran teknik melukis cahaya dengan kamera, saya perlu mengingatkan Anda dengan mode Bulb. Karena dalam melukis cahaya dengan kamera, Anda perlu mengaktifkan mode Bulb. Karena untuk menghasilkan lukisan cahaya Anda perlu menahan shutterspeed pada kecepatan super rendah, lebih lama dari sekedar  30 detik. Beberapa pembuat foto melukis cahaya dengan kamera mengaku menggunakan shutterspeed hingga 200 detik.

Secara umum tidak ada standar baku dalam melukis cahaya dengan kamera. Anda hanya perlu mengembangkan kreatifitas dan imajinasi Anda untuk memanfaatkan property yang Anda punya dan memaksimalkan hasilnya.

Apa saja yang perlu Anda siapkan dalam melukis cahaya dengan kamera?

  1. Kamera DSLR atau Mirrorless manual lengkap dengan mode Bulb di dalamnya.
  2. Tripod sebagai alat bantu menahan getaran pada kamera. Karena kamera dengan settingan shutterspeed demikian lama, sudah tentu sangat sensitif dengan getaran, meski itu getaran yang sangat kecil. Memotret dengan tangan jelas sesuatu yang sangat dilarang disini.
  3. Sumber cahaya yang memiliki intensitas cahaya yang cukup mampu terekam kamera dan cukup fleksibel Anda gerakan, seperti lampu senter, obor, lampu flash, lilin, dan masih banyak pilihan lain. Disini beda sumber cahaya dan beda intensitasnya sudah pasti beda pula hasilnya.
  4. Background super gelap sangat disarankan dalam menghasilkan foto ini. Bila cahaya berlimpah di background sudah pasti efek kontras dari sumber cahaya akan hilang dan efek dramatisnya juga ikut hilang.
  5. Sorot Objek dengan flash berintensitas rendah juga perlu Anda lakukan bila dalam melukis cahaya denga kamera Anda menyertakan sebuah objek utama. Jangan ekspose objek dengan cahaya berlimpah, karena sebenarnya Anda ingin menonjolkan efek lukisan cahayanya, jadi buat semuanya pudar dan gelap termasuk objek supaya Anda tetap bisa mempertahankan kekontrasan dengan optimal.
  6. Gunakan Shutter release untuk menekan getaran seminimal mungkin.

Kata kunci mesin pencari:

lukisan cahaya (9), bulb dengan kamera prosumer (1), Mode bulb di prosumer (1), mode bulb prosumer (1), sebelum cahaya (1), settingan kamera dslr melukis dengan cahaya (1), tekhnik melukis dengan dslr (1), teknik bulb di kamera poket (1), teknik foto bulb dengan kamera prosumer (1), melukis cahaya dengan dslr (1), 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

footer gelumbang